Rabu, November 05, 2008

Membangun Gerakan Buruh Nasional Yang Progresif Melawan Neoliberalisme


Oleh: Yudi Zakaria*

”Besar harapan saya kedepan kita bersama dapat membangun sebuah gerakan yang mandiri
tidak terkooptasi dan terkooporatif dengan musuh-musuh buruh dan rakyat tertindas,
serta mampu manjawab syarat-syarat awal dan utama dari ”lingkaran setan” kemiskinan dan ketergantungan akibat kejahatan Neoliberalisme; pertama Demokrasi (partisifasi aktif rakyat)
untuk meluaskan kesadaran (idiologi) kolektif dalam melawan Imprilaisme;
kedua sumber-sumber pembiyayaan negara untuk kesejahteraan rakyat; ketiga pemenuhan kebutuhan-kebutuhan mendesak rakyat untuk meningkatkan tenaga produktif; keempat program-program peningkatan teknologi”.


Setelah desakan aksi massa rakyat (1998) yang sangat luar biasa/ telah berhasil menumbangkan rezim otoriter soeharto, tahun tahun kemudian adalah massa dimana ”mualai kembalinya” metode-metode aksi-aksi massa sebagai alat perjuangan rakyat. pemahaman gerak sejarah gerakan buruh dalam kesatuan sebuah kesatuan politik bernama nasion Indonesia tidak boleh sama lagi/ tidak akan sama lagi Setelah munculnya gerkan-gerakan buruh Alternatif di negri ini yang memang memegang tugas sejarah, untuk bertugas menjadi cahaya penerang bagi tahapan revolusi pembebasan pada setiap kesadaran kaum tertindas

Perjuangan tidak mustahil jika kaum buruh mempunyai cita-cita. Sejarah sendiri telah membuktikan beberapa kemenangan buruh yang diraih melalui perjuangannya sendiri, kesejahteraan tersebut tentu tidak akan bisa diraih jika buruh tidak memperjuangkannya dengan persatuan dan kesolidan. Pengusaha tidak akan memberikan jika tidak ada tekanan dari kekuatan buruh itu sendiri. Tidak akan ada belas kasihan dari pengusaha atau pemilik modal dan pemerintah atau Negara terhadap perubahan nasib buruh dan peningkatan nilai kemanusiaan kaum buruh (upah dan hak-hak normatif, status, dan kondisi kerja, jam kerja yang lebih pendek, agar buruh bisa berkreasi dan memperluas pengetahuannya tentang dunia). Pendek kata hal itu mustahil jika buruh tidak melakukan perjuangan untuk mendapat hak-haknya. Oleh sebab itu, buruh harus mempunyai cita-cita untuk diraih. Sebuah cita-cita akan masa depan yang lebih baik dan bahwa itu tidaklah tidak mungkin terjadi, yakni merebut kendali pabrik ke tangan persatuan buruh. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka dibutuhkan sebuah alat perjuangan berupa organisasi yang militan atau pantang menyerah, dengan metode gerakan. Alat perjuangan tersebut/ organisasi tidak boleh bersandar pada pimpinan, namun harus berada dalam kontrol semua anggotanya. buruh dalam berjuang haruslah bersatu Tidak hanya di antara kaum buruh sendiri akan tetapi juga dengan sektor lain. bahkan juga dengan warga sekitar pabrik. Sebab, tidaklah mungkin perjuangan buruh akan berhasil tanpa dukungan dari masyarakat sekitar, juga dari sektor lain. .

Berjuang dalam Pabrik/tempat Kerja
Berjuang dalam pabrik/ tempat kerja, harus selalu diperkuat dengan merlibakan anggotanya. Keteribatan anggota yang minim dan hanya diwakilkan oleh pengurus serikat adalah hal yang berbahaya. Karena anggota akan menjadi tidak radikal dan hanya menunggu hasil terlebih kontrol anggota terhadap pengurus tidak terjadi. Adalah hal yang sama-sama kita tahu bahwa berjuang dalam pabrik bukan hanya berhadapan dengan pengusaha (Pemilik modal) tapi juga harus berjuang mendidik anggotaya dan memperluas keanggotaan, dengan kata lain perinsip berjuang dalam pabrik/ tempat kerja adalah Propaganda Perjuangan (selebaran/koran), Ajak/Rekrut, Didik Anggota dan Libatkan dalam Aktifitas Perjuangan Buruh.

Membangun Kawasan/Teritori
Jumlah buruh Indonesia semisal, sangatlah besar dan terkonsentrasi pada pemukiman-pemukiman serta tempat kerja. Membangun kawasan/ teritori, Seperti yang sama-sama kita tahu sejak tahun 2000 penerapan kebijakan-kebijakan Neoliberalisme (pasar bebas) semakin gencar, dalam lapangan perburuhan penerapan Fleksibilitas Pasar Tenaga Kerja; Buruh kontrak, outsorcing, upah murah dan pencabutan-pencabutan subsidi rakyat menjadi agenda utama. Main teritori/ kawasan sangat penting dilakukan organisir dan propaganda terhadap perjuangan menuju sejahtera, hal ini terutama dapat mewadahi mereka yang buruh Kontrak dan Outsoucing yang sangat kesulitan untuk berserikat dalam pabrik, bisa kita organisir dalam wadah kawasan/ teritori (SB Kawasan). Hal ini juga dapat berfungsi untuk menggalang persatuan dengan warga sekitar pabrik/ kawasan hunian buruh.

Membangun Forum Buruh
Forum buruh ini dibangun seyogyanya dapat menjawab problem dalam mengajak Serikat-serikat Buruh tingkat pabrik yang berbeda-beda, jenis pekerjaan, sektor kerja, organisasi, afiliasi. Yang selama ini sangat sulit bersatu dalam membawa aspirasi buruh, juga dapat berfungsi mengikis subyektifitas-subyektifitas dan sebagai forum untuk bertemu antar serikat buruh tingkat pabrik (SBTK/PUK) untuk membicarakan masalah-masalh dalam pabrik/ tingkat kawasan/ tingkat kota/ tingkat propinsi/ bahkan tingkat nasional, mencari solusi bersama dan sebagai posisi tawar kaum buruh itu sendiri.

Agitasi Propaganda yang terukur
Dalam situasi sekarang agitasi pro-paganda sangatlah penting, dalam kerangka mengabarkan perjuangan kaum buruh dan rakyat tertindas lainya terutama tentang apa, bagai mana, metode, capaian dan dengan siapa harus berjuang memperjuangkan hak untuk sejahtera, memang sangat di butuhkan sebenarnya Koran secara nasional yang menyatukan tindakan dan pandangan kaum buruh Indonesia, Hal ini adalah juga sebagai hambatan dari dalam buruh sendiri tidak kalah hebatnya, yakni belum adanya terbitan/ Koran yang secara nasional menyatukan tindakan dan pandangan kaum buruh, tapi juga dibutuhkan terbitan lokal daerah yang reguler.

Membangun organisasi/ Serikat Buruh Nasional Progresif yang tidak Buruhisme
Terdapat hambatan bagi perjuangan buruh di luar dari gerakan buruh itu sendiri. yakni hambatan dari luar gerakan buruh, Neoliberalisme (penjajahan gaya baru) semakin hari semakin menyengsarakan kaum buruh, sementara kini Negara dikuasai oleh kekuatan politik pro-neo liberal dan anti buruh serta masih banyak lagi hambatan dari luar gerakan buruh lainnya seperti banyaknya PHK yang mengurangi anggota serikat buruh, belum adanya kekuatan politik/ Serikat Buruh Nasional Progresif yang cukup kuat untuk memperjuangkan kepentingan kaum buruh, belum terbangunnya persatuan di antara kekuatan kaum buruh, banyaknya LSM yang membuat serikat buruh tidak independen. Disisi lain Belum munculnya tokoh-tokoh buruh yang cukup kuat terutama kaum buruh yang bekerja di pusat pusat modal (Perbankan, pertambangan, telekomunikasi, transportasi dll) sementara serikat buruh kuning oportunis (”bermuka dua”, hari ini menjadi wakil buruh esok menjadi pengacara pengusaha) masih mempunyai pengaruh yang sangat kuat. Padahal, gerakan buruh memiliki potensi untuk membesar. Tidak hanya itu, posisi kaum buruh jelas menentukan hidup matinya sistem kapitalisme. Hal itu semakin diperkuat dengan kembalinya ruh perjuangan kaum buruh, yaitu aksi massa. Namun di sisi lain kita juga masih melihat masih rendahnya kesadaran berorganisasi kaum buruh diakibatkan oleh ketidak tahuan mereka mengenai pentingnya berorganisasi. Sehingga, kaum buruh yang sudah sadar wajib memberikan penyadaran berupa pendidikan, selebaran /Koran dan diskusi-diskusi yang massif. Hal itu penting, demi menguatnya gerakan buruh.

Namun manjadi Pekerjaan Rumah kemudian bagi gerakan buruh Indonesia yaitu bagai mana membagun dan memimpin kaum buruh dalam Perogram yang dilandasi persaman cita-cita kaum buruh dalam wadah persatuan kaum buruh, seperti selama ini kita mengenal Dewan Pengupahan yang anggotanya hanya berbicara khusus pada pengupahan padahal seperti yang sama-sama kita tahu bahwa masalah buruh bukan hanya UPAH, Maka demi keberhasilan perjuangan kaum buruh, maka dibutuhkan sebuah manajemen dan metode perjuangan yang tepat. Dengan demikian, sebuah organisasi yang militan bisa terbentuk sebagai alat perjuangan kuat serta mempunyai daya pukul yang mematikan bagi kapitalisme. Oleh sebab itu, mengusulkan sebuah metode perjuangan yakni metode radikalisasi 3 bulanan. Dalam metode tersebut, terdapat dua bentuk kerja. Kerja bertahap dan kerja simultan. Dalam kerja bertahap, ada 3 tahapan yakni: (1) Investigasi, (2) Penyadaran, (3) Mobilisasi. Tahap (1) Investigasi; merupakan tahap untuk melakukan investigasi mengenai persoalan yang dihadapi rakyat, juga respon rakyat akan persoalannya serta untuk mengetahui alasan rakyat melakukan perlawanan atau kah tidak. (2) Penyadaran; merupakan tahap untuk menentukan isian penyadaran berikut metodenya berdasarkan kesimpulan investigasi. (3) Mobilisasi; tahap terakhir ini merupakan ujian sekaligus mengukur keberhasilan dari dua tahap yang dilakukan sebelumnya. Dalam hal ini, massa harus terpastikan bahwa ia paham mengenai alasan terlibat aksi, tidak hanya sekedar ikut-ikutan. Sementara untuk kerja simultan, ada tiga pekerjaan simultan yang mesti dilakukan, sebagai berikut: (1) Persatuan, (2) Perluasan, dan (3) Dana Juang. Selain kerja bertahap dan simultan, terdapat pula kerja tambahan seperti pembangunan kompartemen (pembangunan wadah budaya, perempuan dst), pendidikan kader maju serta Badan Unit Kontradiksi).
.
Sudah sewajarnya-lah, memang benar-benar berdasar dari situasi obyektif yang di hadapi kaum buruh, bukan saja kaum buruh di kaltim melainkan kaum buruh di seluruh Indonesia dan rakyat tertindas lainya, kelompok buruh dan persatuan-persatuan buruh dan rakyat tertindas lainya yang sadar akan cita-cita perjuangan buruh jangka panjang, yakni membangun suatu tatanan masyarakat yang adil secara ekonomi, politik, sosial dan kebudayaan. Dengan kesadaran, maka selayaknyalah kaum buruh berani berjuang membela martabatnya sebagai manusia pekerja, yang berhak atas segala keindahan dan kebahagiaan di dunia, merdeka sejahtera di tanah dan negri sendiri ***

KAPITALISME SELALU MENGHASILKAN KRISIS DEMI KRISIS, AYO BERSATU; LAWAN DAN HANCURKAN KAKAPITALISME BESERTA ANTEK-ANTEKNYA DI INDONESIA

*Penulis adalah Sekertaris Wilayah Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia-Politik Rakyat Miskin FNPBI-PRM Kaltim.

18 komentar:

Anonim mengatakan...

Wanna Get HIGH? Running out of Supply? Then Check Out My Shit!
>>>>> http://bestlegalhighsdrugs.info <<<<
If you have questions, you can email my boy at online.mentor [at] gmail.com


[size=1] IGNORE THIS----------------------------
salviaa dibinorum does salvia show up on a urinalysis [url=http://bestlegalhighsdrugs.info] buy legal highs [/url] buufo alvaruis how to take salvia divinorum [url=http://buybudshoplegalherbs.info] legal herb[/url] bjfo alvariius legal highs shop [url=HTTP://BUYINGMARIJUANASALE.INFO] Buy Ganja [/url] llegal ubds mycelium psilocybe [url=HTTP://BUYLEGALBUDSCOMREVIEWS.INFO] buy legal bud [/url] mushroom spores salvis divinirum [url=HTTP://CANNABISHIGH-PILLSHIGH.INFO] Ganja High[/url] buof alvaruus leggal budss [url=HTTP://HOWTOBUYWEED-BUYINGWEED.INFO] purchasing weed[/url] meth withdrawl ecstash pklls [url=http://legalbud.drugreviews.info] legal buds [/url]

budo alvarius Methamphetamine [url=http://legalweed.lamodalatina.com] legalweeds [/url] llegal bud sallvia ddivinorum [url=http://buysalvia.lamodalatina.com] buy salvia divinorum[/url] ecsgasy pilks meth recipe ammonia

best way to smoke salvia 3 day detoxification [url=http://legalweed.lamodalatina.com] legal weeds [/url] Glass Meth Pipes cocaone [url=http://buysalviacheap.com] get salvia leaves[/url] salvia divinkrum sarracenia
[url=http://guaranteedheightincrease.info/]height enhancement[/url] - http://guaranteedheightincrease.info/

[url=http://provenpenisenlargement.info/]proven penis enhancement[/url] - http://provenpenisenlargement.info/

[url=http://provenskincareadvice.info/]skin care tips[/url] - http://provenskincareadvice.info/

[url=http://getrichgambling.info/]get riches gambling[/url] - http://getrichgambling.info/

[url=http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/]herpes outbreaks[/url] - http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/

[url=http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO]cure premature ejaculation[/url] - http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO

[url=http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO]used mobile phone on sale[/url] - http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO

[url=http://internationaloddities.reviewsdiscountsonline.com] international oddities[/url]

[url=http://drobuds.reviewsdiscountsonline.com]dro buds [/url]

[url=http://bestacnetreatmentreviews.info] acne treatment reviews[/url] http://bestacnetreatmentreviews.info

[url=HTTP://LEARN-HYPNOSIS-ONLINE.INFO]learn hypnosis online[/url]

Anonim mengatakan...

Ola, what's up amigos? :)
Hope to receive any assistance from you if I will have some quesitons.
Thanks and good luck everyone! ;)

Anonim mengatakan...

if you guys exigency to give blood to [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra apothecary seeking generic drugs.
you can ascertain drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the of the utmost importance [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] originator on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonim mengatakan...

Make room the animal with two backs casinos? make sure of this latest [url=http://www.realcazinoz.com]online casino[/url] advisor and wing it belittle online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also scrutinize our fresh [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] steer at http://freecasinogames2010.webs.com and gain genuine spondulix !
another voguish [url=http://www.ttittancasino.com]casino spiele[/url] bracket is www.ttittancasino.com , because german gamblers, rise during free online casino bonus.

Anonim mengatakan...

Hi folks,

What online zines do you read and would recommend?

For all you rockabilly people out there I recommend The Enough Fanzine. It is one of the first ska fanzines on the www.

They have throusands of interviews from the most underground bands all over the world. Check them out online: [url=http://www.enoughfanzine.com]Enough Fanzine[/url]. Best of it all, they are 100% non-profit and just helping the scene!

Looking forward to your recommendations.

Cheers!

Anonim mengatakan...

Finally, realize that all the various bookmakers have their own rules and policies regarding how they settle bets done through arbitrage sports betting when they have such irregular results. As with the advice on pricing, be sure to check the rules of the individual bookmakers before you place your bets.

The best sports betting odds are in actuality just numbers, they may be an ever changing set of numbers but just numbers nonetheless. There are many different factors involved in the computation of not the least of which is the number of bettors placing bets on one team. If a bookie sees this happening he will give the team that is dentified as the loser more points and take points from the team deemed the winning team.
[url=http://www.pulsebet.com]betting football[/url]
It appears that the United States legal system is closer than ever before to cutting off ties with any type of online gambling within its boundaries. This includes poker, casinos, and sports betting among others. Generally speaking, anything that has to do with transmitting money via the internet as far as gambling is concerned is being cracked down on quite harshly.

From the above, therefore, you can see that finding a good Selection System and sticking to it is the only way to go if you are truly serious about making money at sports betting.

Anonim mengatakan...

However, the banking Internet sector has exploded in the past five years.

This banking Internet option has been very popular not only for customers who want to have some control over their account without having to go to the bank but for banks as well whose man hours have been freed up from performing simple tasks like balance inquiries, account transfers, and the like because the customer does it himself with banking Internet.

This is the truest form of banking Internet simply because these banks only exist online.

This is amazing and makes traveling a lot less stressful as well because with banking Internet you always know where your account stands.
[url=http://pcinternetbanking.com]Chase Online Banking[/url]
Times are changing, with the internet redefining the banking sector over the last five years. Do not be confused as it continues to develop, the many names it goes by all mean the same thing electronic, online and PC banking are all just synonyms traditional banking services provided through a secure internet portal.

Traditional banks have monitored the popularity and growth of the internet, and realising customers wanted greater control of their affairs, have created their own internet banking web sites.

Others will also enable you to set up online banking by simply transferring your funds by check.
[url=http://pcinternetbanking.com]Online Banking Features[/url]
Paying bills, transferring funds and just plain monitoring your account are all possible with minimal stress whether you are ravelling, holidaying or working anywhere in the world.

Anonim mengatakan...

If you’re like me when you first saw the term “arbitrage sports betting” you just said, “huh?” You may even be reading this article because you were wondering. It is a relatively little method that can actually allow you to make money no matter who wins or loses. Kind of like heads I win, tails I win!
bet football | bet online sport betting
Finally, to insure that you do indeed have the best betting odds that you can get, it is crucial as a bettor to shop the money line and the odds. Any reputable sports book online would offer the best line for your wagers without coercion. However, once you have found the best deal, it is important to verify and scrutinize the odds based on the past performance of the particular teams involved you can make appropriate judgments that can be indicative of the weaknesses and strengths of the respective sporting teams. You should also do research on the sports players, injury lists, and the teams if possible.
[url=http://www.pulsebet.com]online football betting[/url]
Overall, the majority of people feel that the United States is missing the boat on this matter. Instead of simply regulating the industry like the rest of the countries in the world, they are trying to get rid of it altogether. This may have some benefits, but for the most part there is a chance that it could end up back firing. It will be interesting to see what the Senate decides to do in the upcoming months.

The most commonly occurring reason I have found for people consistently losing money at sports betting is that they have no "game plan". The most essential elements of a good game plan for betting purposes are a valid, proven Selection System and a proper Staking Plan. The Staking Plan alone won't cut it; first and foremost you must employ a worthwhile Selection System.

Anonim mengatakan...

new guys! after the latest untrammelled [url=http://www.casinolasvegass.com]casino[/url] games like roulette and slots !validation manifest the all budding unburden [url=http://www.casinolasvegass.com]online casino[/url] games at the all redone www.casinolasvegass.com, the most trusted [url=http://www.casinolasvegass.com]online casinos[/url] on the cobweb! dig our [url=http://www.casinolasvegass.com/download.html]free casino software download[/url] and be the victor in money.
you can also curb other [url=http://sites.google.com/site/onlinecasinogames2010/]online casinos bonus[/url] . check out this new [url=http://www.place-a-bet.net/]online casino[/url].

Anonim mengatakan...

Predilection casinos? scrutinize this late-model [url=http://www.realcazinoz.com]casino[/url] games. advisor and postpone online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also retard our untrained [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] direct at http://freecasinogames2010.webs.com and flourish in principal genially misled !
another show-off [url=http://www.ttittancasino.com]casino[/url] spiele neighbourhood is www.ttittancasino.com , pro german gamblers, retrieve well-wishing online casino bonus.

Anonim mengatakan...

Yay me! My post count increased! (56k no way!) [url=http://emanuel7powell.xanga.com/729910381/hvordan-tjene-penger-online]hvordan tjene penger[/url]

Anonim mengatakan...

Hi guys and girls, can someone be so kind and help me out? I got here another day by way of yahoo but now can't find once more the post I have been reading that day :(. And before someone asks, no I'm not blond merely not that good with computers hehe.
Kiss :)

By the way I have a good website about [url=http://newmoviereleasesdvd.info/]Watch Movies Online for Free[/url] and suggest to evrybody to see it.

Anonim mengatakan...

INSERT

Anonim mengatakan...

This really is outstanding. Are you able to give an update on this topic ?

[url=http://susa.filmy-love.org/]payday loans[/url]

payday uk

Anonim mengatakan...

Location location location. You might be far better off getting the ugliest home on the greatest street inside the best neighborhood than you happen to be purchasing a ideal residence with upgrades and services upon an ugly streets inside a doubtful community. House ideals are identified considerably more by way of a properties area compared to what they are by their cosmetic products. [url=http://www.ss12w12ws.info]Spinh5u78[/url]

Anonim mengatakan...

If you're camping from the snowfall, don't pitch your tent correct less than trees and shrubs. Lots of people think that the trees and shrubs will cover the tent from your snowfall. The larger matter is the bushes can gather that snow and make snowballs. If the wind blows the limbs using these snowballs, they may tumble and collision on your tent. [url=http://www.x21w12w21.info]Biuyu656gy[/url]

Anonim mengatakan...

Only choose key phrases for your personal Search engine optimization which can be related to your business and the things you offer. Should you be off-foundation with the search phrases, you will get targeted traffic, nevertheless, you won't get a great deal of sales in new customers. You would like to be sure that the key phrases you use are employed by those who are seeking your form of services or products. [url=http://www.x21w12w21.info]T22wyuul[/url]

Anonim mengatakan...

Hello. And Bye.